Senin, 01 Februari 2010

Update Motifasi

Seiring dengan Bergantinya hari dan waktu pastinya membawa dampak bagi kondisi psikis dan fisik. Dari bermacam peristiwa dalam aktifitas sedari bangun tidur sampa4 menjelang tidur lagi pastinya ada hal yang menyenangkan dan menyedihkan. Apa yang terjadi hari ini pun tidak sama dengan apa yang terjadi kemarin dan esok hari. Siapa yang kita temui di jalan, apa yang kita dengar, yang dimakan selalu berganti. Begitu juga dengan motifasi yang sudah tertanam dalam hati, karena kondisi hati itu berubah-ubah maka akan mempengaruhi motifasi yang sudah tersimpan di dalam hati.
Kalau motifasi sudah bergeser dari tempatnya maka harus segera di lakukan pembaruan (update). Sebelum meng update, kita perlu menelusuri kembali rekaman kejadian hari ini. Dari sana kita bisa memilih mana perilakuyang baik lalu meningkatkanya di esok hari. Adapun untuk hal-hal yang buruk (munkar), langsung aja dibuang dari memori kita, inilah yang membuat layu 'himmah' tapi tetap harus di ambil sebuah pertanyaan " kenapa saya melakukan itu " padahal kan sudah tau tidak baik bahkan dilarang.
Setelah proses edit peristiwa lalu baru membenahi motifasi yang telah bergeser itu supaya segar kembali. Kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan editing dan updating ?
Editing yang di maksud adalah "muhasabah", yaitu mengkalkulasi berapa banyak perbandingan amal baik (khoirun) dan buruk (syarrun). Waktu yang dapat di manfaatkan untuk bermuhasabah adalah menjelang tidur. Di awali dengan bersuci, berdo'a, dan memikirkan kembali apa yang telah diperbuat oleh anggota tubuh ini. Adakah orang yang kita sakiti ? Adakah hak milik orang lain yang kita ambil ? Apa yang telah kita ucapkan, dengr, lihat ? Lalu telusuri ibadah yang fardlu, sunnah, bagaimana kita menjalankan semua itu ? Sudahkah sesuai dengan tuntunan Baginda Nabi, atau justru berseberangan arah ? Berdo'a dan tidurlah.
Mata terpejam, pendengaran tertutupi, kesadaran hilang, sebagian ruh melayang. Kini, sadarlah ! Buka mata-hati, nyalakan pikiran dan nalar untuk bersiap memulai hidup di hari ini.
Inilah saat untuk melakukan penyegaran niat, motifasi, himmah.
Di dalam salah satu do'a di ucapkan " AllOhumma innii ashbahtu minka fii ni'matin wa 'afiatin wa sitrin, fa atimma ni'mataka 'alaiyya, wa 'afiataka, wa sitroka, fiddunya wal Akhiroh ". Ada beberapa poin penting yang disebutkan, yaitu: 1. Ni'mat
2. 'Afiat
3. Sitrun (perlindungan).
Ketiga poin di atas bisa di aplikasikan sebagai updater, agar motifasi selalu segar. Motifasi untuk bersyukur, berusaha dan bersabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar